道德真经 Dao De Zhen Jing BAB 76 - 81

Dao De Jing

Silahkan Login Untuk Membaca Detail

76.人之生也柔弱,其死也坚强。草木之生也柔脆,其死也枯槁。故坚强者死之徒,柔弱者生之徒。是以兵强则灭,木强则折。强大处下,柔弱处上。〖 解读〗
 
Bab 76 : Tao bersifat lunak dan menentang kekerasan 
 
Manusia hidup di masa mudanya bertubuh lemas, tetapi setelah mati menjadi kaku dan keras. Segala benda di dunia ini misalnya pepohonan, rumput-rumputan dan sebagainya di waktu tumbuhnya dan hidupnya adalah lemas, tetapi setelah mati menjadi kering dan kaku. Maka keras itu adalah sifat dari kematian, sebaliknya kelembutan itu adalah sifat dari kehidupan. 
 
Oleh sebab itu dikatakan tentara yang dipersenjatai kuat itu tak dapat mencapai kemenangan. Kayu yang kuat itu digunakan untuk tiang, maka yang kuat itu tempatnya di bawah sedangkan yang lemah tempatnya di atas.
 
 
77.天之道,其犹张弓与?高者抑之,下者举之;有余者损之,不足者补之。天之道,损有余而补不足。人之道,则不然,损不足以奉有余。孰能有余以奉天下?唯有道者。是以圣人为而不 恃,功成而不处,其不欲见贤。〖解读〗
 
Bab 77 : Tao mengurangi yang lebih dan menambah yang kurang
 
Hukum alam, seperti orang membentang busur / panah, bila ketinggian diturunkan sedikit, bila kerendahan dinaikan sedikit, jadi hukum alam menghendaki sesuatu yang sama rata. Pada yang kelebihan dikurangi dan pada yang kurang ditambah.
 
Jadi hukum alam itu mengurangi yang kelebihan dan menambah yang kekurangan. Akan tetapi hukum yang dibuat manusia tidak demikian, bahkan sebaliknya, hukum dari manusia itu mengurangi yang sudah kurang, untuk menambah yang sudah kelebihan. Jadi yang kekurangan bahkan diambil dan yang kelebihan justru ditambah. Pribahasa mengatakan : Jurang dikeruk dan gunung diuruk. Jadi hukum manusia itu tidak adil adanya.
 
Siapakah yang setelah mempunyai kelebihan, maka memberikannya pada sesama ? Ia adalah seorang budiman yang sudah mencapai Tao. Maka orang budiman bekerja dengan tidak mengharapkan hasil / buah dari pekerjaannya. Berbuat jasa dengan tidak mengakui pahalanya. Beliau tidak mengakui pahalanya. Beliau tidak memperlihatkan diri sebagai orang bijaksana.
 
 
78.天下莫柔弱于水,而攻坚强者莫之能胜,以其无以易之。弱之胜强,柔之胜刚,天下莫不知,莫能行。是以圣人云:受国之垢(gou:四声),是谓社稷主;受国不祥,是为天下王。正言 若反。〖解读〗
 
Bab 78 : Di dalam kelunakan dari Tao tersembunyi kekuatan yang sangat besar
 
Di dunia ini tidak ada benda yang lebih lunak dari pada air. Tetapi tenaga menyerang tak ada yang bisa melawan dari pada air. Sifatnya yang tak berubah. Yang lemah menang pada yang kuat, yang lunak menang pada yang kera.
 
Orang sedunia semuanya mengetahui tentang hal ini, tetapi tak bisa menjalani, tak bisa mengambil contoh air. 

Maka orang budiman mengatakan Siapa yang suka menerima / memikul kehinaan dari negeri, ia adalah yang diperlukan dari negeri itu. Siapa yang menanggung kesukaran negeri dan kesengsaraan rakyat, ia adalah raja dari negeri itu. 
 
Omongan yang benar bertentangan dengan anggapan umum, karena umum memandang pembicaraan yang benar itu sebagai tidak benar.
 
 
79.和大怨,必有余怨,安可以为善?是以圣人执左契,而不责于人。有德司契,无德司彻。天道无亲.常与善人。〖解读〗
 
Bab 79 : Mentaati janji adalah sesuai dengan hukum alam 
 
Walaupun satu perselisihan hebat dapat didamaikan tentu masih ada sisa perasaan tidak senang dari salah satu pihak. Bagaimana keadaan itu dapat diperbaiki ? 
 
Maka seorang budiman memegang perjanjian dengan jujur dengan tanpa mencela orang lain. Orang berbudi mentaati perjanjian, sebaliknya orang yang tidak berbudi menggunakan akal untuk menarik keuntungan dari perjanjian itu. Hukum alam tidak memiliki salah satu pihak, hanya membela pada pihak yang benar.

 
80.小国寡民。使有什伯之器而不用;使民重死而不远徙(xi:三声)。虽有舟舆(yu:二声),无所乘之;虽有甲兵,无所陈之。使民复结绳而用之。甘其食,美其服,安其居,乐其俗。邻国 相望,鸡犬之声相闻,民至老死,不相往来。〖解读〗
 
Bab 80 : Memerintah negeri kecil sesuai dengan Tao
 
Mengurus negeri kecil yang sedikit rakyatnya dengan barang-barang dan alat-alat sangat banyak dan berlipat ganda, hingga berlebihan dan tak terpakai .
 
Membuat supaya rakyat hidup beruntung, hingga tak memandang ringan pada kematian dan tak suka melakukan perjalanan jauh.
 
Walaupun mempunyai perahu dan kereta, namun tak ada yang mau menggunakan kendaraan itu untuk pergi mengembara ke negeri lai. Walaupun mempunyai senjata dan alat-alat perang tak ada yang mau menggunakan.

Diusahakan supaya rakyat kembali dalam sifatnya yang sewajarnya dan seolah-olah pada jaman purba yang menggunakan tali ikatan untuk mencatat suatu perkataan. Enak makannya, indah pakainnya, tenang tempat tinggalnya dan suka dengan kepribadiannya.
 
Negeri tetangga berhadapan satu sama lain, kokok ayam dan gonggong anjing terdengar, namun rakyat hingga tua dan mati tak mengadakan hubungan.

 
81.信言不美,美言不信。善者不辩,辩者不善。知者不博,博者不知。圣人不积,既以为人己愈有,既以与人己愈多。天之道,利而不害;人之道,为而不争。〖解读〗
 
Bab 81 : Ucapan yang sesuai dengan Tao tak indah dan yang indah tak sesuai
 
Ucapan yang benar dan boleh dipercaya tidak seindah, sebaliknya yang indah dan menarik hati tidak boleh dipercaya.
 
Orang yang luhur budinya tidak suka berdebat, sebaliknya orang yang suka berdebat tidak luhur budinya.
Orang bijaksana tidak belajar, sebaliknya orang yang belajar tidak memperoleh kebijaksanaan.
Orang budiman tidak menimbun, semakin banyak ia berbuat kebaikan semakin besar kebahagiaan yang ia dapat dan semakin bertambah miliknya.
 
Hukum alam telah meliputi segala sesuatu dan memberi keuntungan pada sesamanya dengan tidak membeda-bedakan dan tak pernah mencelakai pada siapapun juga, sedangkan perjalanan dari budiman, hanya berkerja guna kebaikan sesamanya di dunia dengan tanpa pergulatan / perebutan untuk keuntungan diri sendiri.