71.知不知,尚矣;不知知,病也。圣人不病,以其病病,夫惟病病,是以不病。〖解读〗
Bab 71 : Siapa mengenal Tao akan pun mengenal cacat
Barang siapa yang mengerti, tapi tidak bangga dan tidak menunjukan dirinya mengerti, itulah tandanya ia mempunyai pengertian yang tinggi. Sebaliknya yang sesungguhnya tidak mengerti tetapi gemar menonjolkan diri sebagai orang yang mengerti, itu adalah satu cacat.
Barang siapa mengenali cacat-cacat dalam diri sendiri sebagai satu cacat maka barulah ia dapat membersihkan cacat-cacat itu, sehingga ia tak mempunyai cacat lagi.
Seorang budiman tak mempunyai cacat, karena beliu telah mengetahui segala cacat itu, sehingga beliau tak mempunyai cacat pula.
72.民不畏威,则大威至。无狎(xia:二声)其所居,无厌其所生。夫唯不厌,是以不厌。是以圣人自知不自见,自爱不自贵。故去彼取此。〖解读〗
Bab 72 : Dalam negeri yang sesuai dengan Tao tak ada revolusi
Jika rakyat sudah tidak takut lagi dengan kekuasaan pemerintah, maka dapat ditunggu datangnya pemberontakan dari rakyat.
Jangan mempersempit tempat tinggalnya, jangan mempersukar kehidupanya. Apabila pihak di atas tidak menindas rakyat, maka rakyat pun tak akan timbul kebencian terhadap atasannya.
Maka seorang budiman tahu diri sendiri, namun tak menonjolkan diri. Beliau dapat mencintai diri sendiri, namun tak menonjolkan diri , beliau dapat membuang segala cacat dalam dirinya , sebaliknya mengambil sikap yang baik untuk dipelihara di dalam dirinya.
73.勇于敢则杀,勇于不敢则活。此两者,或利或害。天之所恶,孰知其故?是以圣人犹难之。天之道,不争而善胜,不言而善应,不召而自来,繟(chan:三声)然而善谋。天网恢恢,疏 而不失。〖解读〗
Bab 73 : Tao tak merebut ! Tapi senantiasa menang
Gagah dan berani ( dalam arti lahir ) adalah mereka yang berani melakukan pembunuhan besar-besaran dalam peperangan , sebaliknya gagah tanpa disertai berani ( dalam arti kebatinan ) ialah mereka yang dengan gagah melawan nafsu kejahatan dan menuju ke arah hidup. Dua macan kegagahan ini yang satu ( Kebatinan ) memberi faedah dan yang lain mendatangkan bencana.
Yang dibenci oleh Tuhan, siapakah yang mengetahui sebabnya ? Dari itu orang budiman sangsi dan tak mudah mau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum alam .
Hukum Tuhan tidak bergulat, tetapi sempurna dan menang terhadap segala-galanya walaupun tak bicara namun dapat melayani dengan sempurna, tak usah dipanggil tetapi datang dengan sendirinya. Bersikap diam tetapi dapat menyelesaikan dengan sempurna. Jaring dari alam ini luas, renggang-renggang tetapi tidak pernah lolos.
74.民不畏死,奈何以死惧之?若使民常畏死,而为奇者,吾得执而杀之,孰敢?常有司杀者杀。夫代司杀者杀,是谓代大匠斫(zhuo:二声)。夫代大匠斫者,希有不伤其手矣。〖解读〗
Bab 74 : Tao tak mengenal hukuman mati
Rakyat tidak takut mati mengapa menggunakan hukuman mati untuk menakut-nakuti. Jika bisa membuat agar takut mati dan memandang hukuman mati sebagai nasib yang paling celaka, maka dapat menangkap mereka yang jahat dan memberikan hukuman mati hingga selanjutnya siapakah yang berani lagi melanggar hukuman kriminal ?
Hanya ada algojoabadi dari tuhan yang bertugas melaksanakan hukuman mati. Barang siapa berani mewakili algojo tersebut untuk melakukan hukuman mati, maka ia dapat dimisalkan sebagai wakil tukang kayu untuk menggunakan kampaknya guna menebang pohon.
Barang siapa mewakili tukang kayu dan menggunakan kampak untuk menebang pohon, jarang yang tidak melukai tangganya sendiri.
75.民之饥,以其上食税之多,是以饥。民之难治,以其上之有为,是以难治。民之轻死,以其上求生之厚,是以轻死。夫唯无以生为者,是贤于贵生。 〖解读〗
Bab 75 : Karena tak berdasarkan Tao maka rakyat menderita
Rakyat menderita kelaparan karena pihak atas memungut pajak terlalu berat. Sebabnya rakyat yang kelaparan itu sukar diatur, karena pihak atas mempunyai pamrih dan hanya bekerja terutama untuk kepentingan diri sendiri maka dari itu sukar diatur.
Rakyat negeri memandang ringan pada kematian, karena pihak atas hidupnya sangat mewah, inilah yang menyebabkan rakyat memandang ringan pada kematian.
Barang siapa hidupnya tanpa terdorong keinginan yang egois, maka ia termasuk seorang yang pandai mengatur hidupnya dengan sempurna.