皇极 Huang Ji

Qing Jing Jing

Silahkan Login Untuk Membaca Detail

BAB 2 皇极Huang Ji

 

Huang Ji皇极. Huruf Huang artinya ‘mentereng’ atau ‘mewah’ dan Ji artinya ‘sangat’. Kedua huruf ini apa bila dirangkaikan menjadi kalimat, berarti ‘Sangat mentereng’ atau ‘Terlampau mewah’.

Istilah Huang Ji皇极ini berarti, setelah dunia ini terbabar dari permulaannya yang tidak terdapat adanya hawa, kondisi sunyi senyap dan gelap gulita, sesudah berisikan hawa udara; yang menjadikan unsur dari pada kehidupan. Kemudian disusul dengan terciptanya segala benda. Seperti : diatas langit ada Matahari, Bulan, Bintang-bintang, Kilat, Guntur, Awan, Hujan dan Angin sedangkan diatas Bumi terdapat kali, Bengawan, Danau, Lautan dan ( berjenis-jenis ) Tumbuh-tumbuhan.

Dari keadaan gelap dan kosong lalu berubah menjadi terang – benderang, dari tanah tandus menjadi tanah subur, dan kesemuanya itu sudah tentu tampaknya permai dan indah sekali.

Demikian penjelasan dari maksud serta arti huruf Huang Ji皇极.

吾不知其名,强名曰道。

夫道者:有清有浊,有动有静;天清地浊,天动地静。

Terjemahan :

Aku tidak mengetahui apa namanya, maka terpaksa aku sunting nama Tao untuknya. 

bahwa Tao ini terdapat jernih, keruh, bergerak dan diam, pada pokoknya langit itu jernih, bumi itu keruh, langit itu bergerak dan bumi itu diam.

 

Penjelasan :

Kata Wuadalah Aku yaitu dimaksudkan pribadi Tai Shang Lao Jun 太上老君.

Dikarenakan Tao itu tiada wujud dan gambarnya, teristimewa pula karena semula memang tiada namanya, maka didapatnya nama Tao ini, adalah nama yang terpaksa dipersunting untuk menunjuknya.

Sekalipun nama Tao ini bunkanlah nama yang sesungguhnya, akan tetapi jika ditinjau dari pada goresan hurufnya, maka sesungguhnya menggenggam arti yang pantas untuk disunting sebagai nama yang tertuju padanya. 

Kupasan leterliknya sebagai berikut : Jika menulis huruf Dao, pertama-tama adalah 2 Dian. Kedua titik ini yang sebelah kiri berarti Tai Yang太阳 yaitu positif dan yang kanan berarti Tai Yin太阴 negative. Sedangkan kedua titik itu apa bila digabungkan, mirip sekali dengan gambar Tai Ji太极, yang mana bermakna bahwa diatas langit ada matahari dan bulan, diatas bumi ada Jin Gou金狗dan Yu Tu玉兔, pada badan manusia adalah kedua mata, bagi golongan orang-orang yang Xiu Xing修行 dikatakan sinar pantulan balik.

Kemudian dibawah kedua titik itu dicoret/digaris dengan tarikan guratan Heng, yang berarti Wu Ji无极 [O]. bundaran ini adalah gambaran suci Xian Tian Ba Gua 先天八卦 berarti Qian. Dalam kitab Yi Jing易经 ada kalimat tertulis : Khian Wan Ya yang berarti bahwa Qian itu bundar. Setelah keadaan semula yang merupakan Wu Ji无极 [O] ini pecah, maka bundaran itu lalu berubah bentuknya menjadi , dan dari bundaran yang tak menyambung ini kemudian dijadikan satu guratan yang lurus. Dari sebab inilah maka dalam kitab Yi Jing易经 ditulis Khian it Ya atau Qian itu adanya. Lebih jauh dalam kitab Wu Jing五经 ada ditulis ‘Tian De Yi Qing’天的以清 artinya langit menjadi jernih : ‘Di De Yi Ling’ 地的以灵artinya : Bumi mendapat menjadi aman : “ Jin Tek It I seng artinya : manusia mendapat menjadi bijaksana dan waspada. Didalam pelajaran Khong Kauw ada istilah yang berbunyi “ Wi Ceng Wi It “ yang artinya : melainkan paham yang benarlah maka pikiranya hanya SATU ( mengetahui sebaiknya diantara jinsim : hati kemanusiaan ) dan Too Sim : Hati nurani ) sehingga tidak tercampur aduk, dan menjaga kelurusan hati dengan tidak berlengah walaupun sekejap saja. Dalam Hut Kauw disebut : “ Ban Hoat Kui It artinya : semua hukum alam menuju menjadi SATU. Dalam Too Kauw terdapat istilah : Phoo Goan Siu It yang artinya : peluk dan jagalah alam yang asalnya SATU.

Kemudian dibawah ditulis pula satu huruf ( Cu), yang berarti “ diri sendiri “ dan bermakna : bahwa diri kita didunia ini ada dibawah matahari dan bulan. Huruf termaksud jadi berbentuk ( Siu ) yang artinya “ kepala “. Maksudnya ialah bahwa mempelajai Too itu menjadi semacam usaha yang terbaik dalam pelajaran Khong Kauw terdapat satu kalimat yang berbunyi : “ Too Ya Cia Put Kho Si I Ji Li Ya, Kho Li Hui Too Ya, Yang berarti bahwa Too ini tak dapat berpisah walaupun sekejap mata saja dari diri kita; apabila dapat dipisahkan, bukanlah lagi Too adanya. Paling akhir dituliskan : dan coretan ini berarti “ perbuatan “. Jika “ perbuatan “ ini diluaskan lalu berarti : Evolusi atas diri seseorang yang harus dikemudikan sendiri menurut hukum Thian.

Demikian sifat dan isi akan huruf Too ini dalam pelajaran Too kauw. Bahwa Too ini adalah Seng atau watak asal dan Thian Too atau hukum Thian, yang kedua-duanya tak dapat didengar dan dilihat. 

Yang dikatakan jernih itulah hawa langit, yang dikatakan keruh itulah hawa bumi, yang dikatakan BERGERAK itulah Hawa positif dan yang dikatakan DIAM itulah Hawa negative.

Langit yang jernih adalah sifat  positif yang murni, bumi yang keruh adalah sifat negative yang sejati. Thian Tong disebut Khian Wan, artinya : Langit yang bergerak menunjukkan bahwa langit itu bulat adanya; Tee Ceng disebut Khun Hong, artinya : Bumi yang diam menunjukkan sifat bahwa bumi itu persegi adanya.

Cheng, Ciok.Tong dan Ceng, keempat sifat ini diatas langit menunjukkan wujud matahari dan bulan, diatas bumi menunjukkan wujud musim. Chun and Chiu, ( musim semi dan rontok ), dibadan manusia menunjukkan wujud perbedaan antara manusia dan Nabi.

Matahari itu ialah Yang : positif) yang senantiasa bulat serta penuh. Bulan itu ialah Im : Negatif ) yang kadang-kadang penuh dan kadang-kadang kurang. Musim Chun itu ialah Yang, maka segala benda sama tumbuh. Musim Chiu itu ilah Im, karenanya segala benda sama laju dan runtuh. Nabi itu ialah Yang, ia dapat melepaskan rangkanya ( badan jasmaninya ) menjadi dewa. Manusia biasa, itu ialah Im apa bila mati menjadi arwah. Demikianlah kira-kira maksud daripada Cheng, Ciok, Tong dan Ceng tersebut.

Kaum laki-laki dan wanita didunia ini, untuk mengerti atau tidak mengenal Cheng, Ciok Tong dan Ceng yang ada didalam badannya sendiri ? jika tidak mengetahui, hendaknya rajin menimbun kebajikan agar dapat menggerakkan Hati Thian supaya secepat mungkin dapat bertemu seorang guru sejati, untuk memberikan petunjuk akan Too yang luas yang ada didalam badannya. Supaya Seng Jit dan Seng Goat atau matahari dan bulan dalam badan ) datang menyinari agar hawa keruh dan Im didalam diri turun kebawah, sebaliknya hawa yang jernih dan Yang naik keatas.

Tentram tenang itulah yang dikatakan DIAM. Tersentuh atau kontak yang menyebabkan orang sadar, itulah yang dikatakan BERGERAK.

Didalam Too Tek keng ada tertulis : Siang Yu Yok I Koan Ki, Khiauw, Tong Ya, atau dengan menggunakan keinginan untuk mengetahui lingkungannya, inilah yang dinamai BERGERAK. Siang Bu Yok I Koan Ki Biauw, Ceng Ya atau senantiasa meniadakan nafsu keinginan untuk menyelami keajaiban inilah yang dikatakan DIAM. 

Berusaha untuk mengumpulkan “ air  kehidupan “ itu, berarti BERGERAK, bagian hian Koan dan dalam setiap bagian itu adalah mempunyai sifat setelah berhasil mengumpulkan “ air kehidupan “ itu berarti DIAM.

Dalam badan manusia mempunyai 9 bagian Hian Koan dan dalam setiap bagian itu adalah mempunyai sifat Cheng, ciok, Tong dan ceng itu. Melainkan harus dapat petunjuk dari seorang guru yang betul-betul mengerti, barulah menjadi jelas dan dapat menangkap maksud-maksudnya. Jikalau sudah mengetahui benar akan pelajaran itu, untuk menjadi seorang suci sesungguhnya tidak akan sukar pula. 

Dua huruf Hian Koan ini jika diterjemahkan berarti “ pintu rahasia “ yang menjadi kunci atau Rahasia dari pada pelajaran Too Kauw.