BAB 13聖 道 SENG TOO
GAYA KERAMAT DARI PADA TOO
Huruf SENG ini berarti Gaya Keramat, bijaksana dan Nabi.
Huruf TOO ini sudah diterangkan dalam pelajaran ke 13 maka disini tidak perlu ditulis Suku kata SENG TOO ini jadi berarti Gaya Keramat daripada Too.
Melainkan perlu dimengerti oleh para peminat bahwa Gaya Keramat dari pada Too dalam pelajaran ini menggambarkan soal yang khusus mengenai microosmosyang bertalian dengan pembentukan raga.
Sebagaimana didalam pelajaran yang lalu ( no 13 ) telah disinggung tentang BU KEK IT KHIAO atau satu lubang dalam BU KEK yang senantiasa bergetar, yang mana berarti bekerja mengumpulkan bahan-bahan guna pembentukan raga dan dalam pelajaran ini akan dibentangkan lebih jauh, misalnya dari BU KEK kemudian berubah menjadi HONG KEK dan kemudian menjadi THAY KEK, sesuai dengan pelajaran ke 1,2,3, yang mengenai terciptanya Macrocosmos dalam pelajaran yang telah lalu.
Berdasarkan keterangan yang didapat dalam pelajaran ini, kita jadi mengetahui bahwa Macrocosmos dan Microcosmos sebenarnya ada mempunyai persamaan yang tidak dapat dibantah, justru karena itu maka bagi siapa yang sungguh-sungguh mempelajari ilmu batin dengan sendirinya dapat menyesuaikan diri dengan keadaan alam, dan selanjutnya dapat mencapai tingkan yang tidak dapat dipikir dengan otak manusia.
PELAJARAN :
為化眾生。名為得道。能悟之者。可博聖道。
WI HOA CIONG SENG, BENG WI TEK TOO, LENG GO CI CIA, KHOO THOAN SENG TOO.
TERJEMAHAN :
Bekerja dan membimbing sesama hidup (manusia ) ia yang dinamakan mendapat Too, orang yang dapat menyadari akan itu dapat diberikan pelajaran SENG TOO.
PENJELASAN :
Kalimat WI HOA CIONG SENG ini berarti : bekerja dan membimbing untuk membebaskan sesama hidup ( manusia ) agar menuju kepada kesucian .
Kalimat BENG WI TEK TOO ini berarti : itulah yang dinamakan bisa mendapatkan Too yang besar. Kalimat LENG GO CI CIA ini berarti : dapat meyakinkan sedalam - dalamnya dan rajin menyelidiki seluas-luasnya dari luar.
Kalimat KHOO THOAN SENG TOO ini berarti : dapat diberikan pelajaran gaya keramat rahasia alam untuk membebaskan sesamanya.
Lu Couw bersabda : Manusia harus dibebaskan oalh manusia, baru dapat menghindari penderitaan dalam alam yang fana ini; naga harus bergulat dengan naga, baru dapat menghindarkan diri beloknya pecomberan ( kata-kata diatas ini hanya satu perumpamaan yang berarti bangsa mencari bangsa guna mencapai kesempurnaannya ). Akan tetapi bagi siapapun sebelum menerima ijin Thian tidak dapat menularkan Too itu ( dalam arti mengajar Too itu harus yang sudah mendapat ijin dari Thian, bukan sembarang orang saja ). Sesuai dengan bunyinya kalimat dalam kitab Lun Gi yang berbunyi : WI THIAN BENG WI TAY JIN, WI SENG JIN CI GAN SIAO JIN PUT, TI THIAN BENG JI PUT WI YA, artinya : Menjunjung titah Thian , menghormati orang besar, mengindahkan kata-kata Nabi. Karena SIAO JIN tidak kenal titah Thian, maka tidak lagi menaruh perindahan. ( intisari dari kalimat tersebut yaitu : apa bila orang menyiarkan Too itu belum mendapat ijin dari pada Thian , mungkin akan berbuat secara sembarangan dengan tidak menghiraukan tanggung jawabnya ).
Apakah sebenarnya maksud gaya keramat dari pada Too itu ? yang artinya Too mempunyai gaya keramat yang menjadi pokok terciptanya raga.
Air rasa dan timah setelah bertemu dan mulai beku sesudah melewati waktu 360 si ( 1 si = 2 jam ) atau lazimnya disebut hamil 1 bulan, peristiwa ini disebut terjadinya BU KEK ( BU KEK I SENG ), dan BU KEK ini dalam waktu setengah bulan yang permulaan menimbulkan sifat positif dan setengah bulan berikutnya menimbulkan sifat negatif ( POAN GOAT SENG YANG POAN GOAT SENG IM ). Setengah bulan berikutnya BU KEK itu bergerak pula lalu menimbulkan sifat positif dari pada HONG KEK ( YO POAN GOAT BU KEK IT TONG JI SENG HONG KEK CI YANG ), setengah bulan berikutnya BU KEK itu berdiam lalu menimbulkan sifat negatif dari pada HONG KEK ( YU POAN GOAT BU KEK IT CENG JI SENG HONG KEK CI IM ). Keadaan semacam ini adalah perubahan dari pada kandungan yang memasuki bulan ke 2.
Setengah bulan selanjutnya HONG KEK itu bergerak lalu menimbulkan sifat positif dari pada THAY KEK ( YU POAN GOAT HONG KEK IT TONG JI SENG THAY KEK CI YANG ), setengah bulan berikutnya HONG KEK berdiam lalu menimbulkan sifat negatif dari pada THAY KEK ( YU POAN GOAT HONG KEK IT CENG JI SENG THAY KEK CI IM ), waktu itu kandungan memasuki tingkat bulan ketiga.
Setengah bulan selanjutnya THAY KEK lalu bergerak dan menimbulkan sifat positif yang tinggi ( YU POAN GOAT THAY KEK IT TONG JI SENG LOO YANG ) dan setengah bulan berikutnya THAY KEK berdiam lalu menimbulkan pula sifat negative tang tinggi (YU POAN GOAT THAY KEK IT CENG JI SENG LOO IM ), waktu itu kandungan memasuki bulan ke 4.
Setengah bulan selanjutnya positif yang tinggi itu bergerak lalu menimbulkan sifat positif yang memuncak ( YU POAN GOAT LOO YANG IT TONG JI SENG THAY YANG ) dan setengah bulan berikutnya negative yang tinggi ini berdiam lalu menimbulkan sifat negative yang memuncak ( YU POAN GOAT LAO IM IT CENG JI SENG THAY IM ), waktu itu kandungan memasuki bulan ke 5.
Setengah bulan selanjutnya sifat positif yang memuncak berdiam lalu menimbulkan sifat negative tang rendah ( YU POAN GOAT LOO YANG IT CENG JI SENG SIAO IM ) dan setengah bulan berikutnya sifat negative yang memuncak bergerak lalu menimbulkan sifat positif yang rendah ( YU POAN GOAT LOO IM IT TONG JI SENG SIAO YANG ) sampai tingkat ini kandungan memasuki bulan ke 6.
Setengah bulan selanjutnya sifat positif yang memuncak bergerak lalu menimbulkan sifat khian ( YU POAN GOAT THAY YANG IT TONG JI SENG KHIAN, sifat positif yang positif ) dan setengah bulan berikutnya sifat negative yang memuncak lalu menimbulkan sifat Khun ( YU POAN GOAT YHAY IM IT CENG JI SENG KHUN – sifat negative yang negative ), sampai tingkat ini kandungan mancapai bulan ke 7.
Setengah bulan selanjutnya sifat positif yang memuncak berdiam lalu menimbulkan sifat TWEE ( YU POAN GOAT THAY YANG IT CENG JI SENG TWEE – sifat negative yang mengandung sifat positif ) dan setengah bulan berikutnya sifat negative yang memuncak bergerak lalu menimbulkan GIN ( YU POAN GOAT TAHAY IM IT TONG JI SENG GIM – sifat positif yang mengandung sifat negative ) sampai tingkat ini kandungan itu memasuki bulan ke 8.
Setengah bulan selanjutnya sifat negative yang rendah bergerak lalu menimbulkan LI ( YU POAN GOAT SIAO IM IT TONG JI SENG LI – sifat negative yang positif ) dan setengah bulan berikutnya sifat positif yang rendah berdiam lalu menimbulkan KHAM ( YU POAN GOAT SIAO YANG IT CENG JI SENG KHAM – sifat positif yang negative ), sampai tingkat ini kandungan itu memasuki bulan ke 9.
Setengah bulan selanjutnya sifat negative yang rendah berdiam lalu menimbulkan CIN ( YU POAN GOAT SIAO IM IT CENG JI SENG CIN – sifat negative yang mengandung negative ) dan setengah bulan berikutnya sifat positif yang rendah bergerak lalu menimbulkan SUN ( YU POAN GOAT SIAO YANG IT TONG JI SEN SUN – sifat positif yang mengandung positif ) waktu mana kandungan mencapai bulan ke 10.
Demikian terbentuknya raga manusia yang menurut jalan dari BU KEK ke HONG KEK dan THAY KEK, selanjutnya terdapat pula LIANG GI ( dua sifat – Im dan Yang ). SI CHIANG empat sudut yaitu : Timur, Selatan, Barat dan Utara Pat Kwa ( delapan gambar bergurat yang mempunyai sifat gaig ) dan segala alat selanjutnya 365 buku-buku tulang dan 84.000 lubang bulu roma, kesemuanya itu terjadi dibawah pengaruh gaya keramat Too dari Bu Kek ( YU BU KEK SENG TOO JI SENG CI CIA YA ).