貪 求 THAM KIU

Qing Jing Jing

Silahkan Login Untuk Membaca Detail

BAB 19 THAM KIU

 

SERAKAH

 

Huruf Tham artinya Temaha dan huruf Kiu artinya Minta. Kedua huruf ini jikalau dirangkaikan menjadi satu suku kata berarti serakah ( suatu keinginan yang tidak henti-hentinya ). Menurut pelajaran Too sifat serakah ini masuk lingkungan Hou Thian Pat Kwa ( Pat Kwa setelah alam bergumelar ), yang berupa gerakan nafsu dari badan wadag.

Akan tetapi dengan sesungguhnya keserakahan ini juga sangat dibutuhkan, yang diterangkan sebagai berikut : dialam utara terdapat satu bintang yang disebut Tham Long ( srigala yang rakus ), yang keserakahannya melampaui harimau atau macan tutul, sekalipun bintang serakah ini pengaruhnya buruk, akan tetapi bintang ini berupa batu gosok dari pada penganut Tao, sebab tanpa adanya bintang ini sukar mencapai tingkat kesempurnaan. Karena sifat serakah yang terdapat didalam hati kecil setiap orang, dapat dipakai sebagai penguji akan kekerasan hati peminat, dalam arti mudah menyerah atau tangkas mengatasi akan Nafsu buruk. Kecuali itu pun dipakai untuk dijadikan terayu dalam pelajaran agar mempunyai keseimbangan dalam sepak terjangnya.

PELAJARAN:

即著寓物。即生貪求。

KI CIAK BAN BUT, CEK SENG THAN KIU.

TERJEMAHAN :

Setelah terikat dengan segala benda, tentu segera timbul keserakaha.

KETERANGAN :

Sebagai keterangan didalam pelajaran yang sudah lalu, suatu orang yang hendak memperdalam pelajaran Tao isme harus membebaskan diri dari pengaruh lahir, oleh karena orang yang sudah terikat akan kebendaan dengan sendirinya hati kecilnya kepincuk dengan kenikmatan, lahir, dan timbullah ketemahaan, manakala ketemahaan membiak maka pikiran tentu tumbuh keinginan mau ini dan itu. OU JIN SIM IT CIAK BAN BUT CI KHAN ini, PIAN SWI BAN BUT KHI SIM, THAM SIN IT KHI, PIT SIANG KHI KIU ), yang mana adalah sifat angkara murka manusia yang tergolong dalam Hou Thian Pat Kwa ( CHU SI JIN YOK CI SIM PIAN SIOK HOU THIAN PAT KWA ).

Sebagai dalam pelajaran yang ke 20 telah dijelaskan, bahwa manusia seumumnya tunduk dibawah pengaruh Hou Thian Pat Kwa, maka pada umumnya manusia ini sukar menghindari timbulnya keserakahan ( THAM YOK SEE JIN LAN BIAN ). Melainkan mereka yang mempunyai bakat Dewa atau Buddha yang kesadarannya tidak pulas, yang dapat memandang kaya mulia laksana awan yang mengambang diudara dan ke-enakan lidah serta kecantikan wanita seumpama pisau tajam. UI YU SIAN KIN HUT CIONG LENG SENG PUT BI, I HU KUI JI HU IN, I CIU SEK SI KONG TOO ), yang dapat mengubah Hou Thian kembali pada Sian Thian, orang tingkat atas semacam ini, ribuan bahkan puluhan ribu belum tentu bisa didapat seorang saja. CIANG HOU THIAN HOAN UI SIAN THIAN, CHU NAY SIANG TENG CI JIN, CHIAN BAN CI TIONG JI SOAN IT YA ).

Mereka yang tingkat menengah dan rendah, karena terikat oleh pangaruh Hou Thian Pat Kwa, maka tidak mampu kembali pada Sian Thian atau dari Lok Si kembali menjadi Hou Tou.

Nabi Khong Hu Cu bersabda : Angen-angen dan keinginan belum tetap, harus berhati-hati kan kecantikan HIAT KHI BI TENG, KAY CI CAY SEK ). Dewa Lu Tong Pin telah membuat sajak sebagai peringatan yang berbunyi :

Wanita sweet seventeen yang elok dan lemah lembut laksana sutra.

Dipinggang menggelantung pedang siap memenggal kepala kaum pria.

Walaupun tak terlihat jatuhnya kepala, namun diam-diam telah mengeringkan darah dan sum-sum kita. JI PAT KE JIN THEE SI SOU, YO KAN TIANG KIAM CAM GI HUI, SWI CIAN PUT KIAN JIN THAO LOK, AM TEE KAO KUN KUT CHUI KO ).

Mengenai keangkuhan dari sebab kurang tahan sabar dan tak bisa berlaku rendah hati, dari soal yang bukan-bukan sudah cukup untuk menimbulkan pertikaian yang menggelisahkan. CI I TAO KHI, NAY SI PUT JIM, CIONG SI HUI TIONG SENG CHUT HI TOO HOAN NAO YA ), maka dari sebab itu alangkah baiknya keangkuhan itu, dan dengan tulus ikhlas berusaha memahamkan too yang besar. PUT JI KHAN PHOO KHI JI SENG SIM SIU TOO ), guna merawat 3 kembang dan 5 hawa yang ada didalam badan setiap orang.

JI YANG SIN TIONG SAM HOA NGO KHI ), untuk memperbaik hawa kekeatan gaib serta menyempurnakan hawa pokok yang halus getarannya agar menjadi beku dan berupa pil emas.

HO CIAN KONG KHI, THAY HOO GOAN KHI, KIAT SENG KIM TAN ), sekalipun kegelisahan itu senantiasa menggangu namun akhirnya akan musna dengan sendirinya.

Nabi Khong Hu cu bersabda : Apabila nafsu keinginan masih sedang kerasnya, harus berhati-hati dalam soal berkelahi, HIAT KHI HONG KONG, KAY CI CAY TAO ), selanjutnya bersabda pula : Jagalah angen-angen sekuat-kuatnya jangan mengumbar nafsu angkara, TI KI CI, BU PAO KI KHI ), dalam segala sesuatu yang tak mencocoki hati dan dapat menimbulkan kegelisahan, apabila dihadapi dengan pasif, dan non aktif, untuk membikin sang hati seolah-olah kosong, sudah tentu terbebas dari pada kegelisahan yang walaupun setiap detik siap menggodanya.

YU TIONG HE CI PI, PIAN HEE HOU THIAN PAT KWA SO KI SOK, PUT LENG TIONG HOU THIAN JI HOAN SIAN THIAN, CIONG LOK SI I HOAN HOO TAO CIA YA ).

Sifat temaha adalah sebuah bintang diutara yang disebut Tham Long ( Srigala yang rakus ), kebuasan dan ketemahannya melampaui dari pada harimau atau macan tutul, maka orang-orang yang mempunyai hasrat mencari jalan kedewatan, apabila tidak dapat membuang sifat serakah, dipastikan Tao yang besar tidak akan dapatnya. SIU SIAN CI SU, JIAK PUT KHI CHU IT SENG COK TAY TOO LAN SENG ).

HOU THIAN LOK SI. Sifat Im angkanya genap misalnya 2,4,6,8,10 dari sebab sifat negatif yang dibawah pengaruh Hou Thian maka senantiasa mengumbar nafsu keserakahan. HOU THIAN LOK SI JI SU LIOK PAT SIP SIOK IM KI SIOK IM PIAN SENG THAM KIU ).

Mengenai Lok si ada diterangkan sebagai berikut : Angka 6 mewakili Kui Sui ( air dari Kui yang negatif – ginjal ) yaitu yang berwujud mani, wataknya temaha akan kecantikan, TEE LIOK SIOK KUI SUI UI KAO KAM CI CENG, KI SENG AY THAM KIU BI SEK ).

Angka 2 mewakili Teng Hwee ( api dari Teng yang negatif – hati ) adalah penguasa dari pikiran, wataknya temaha akan kementerengan dan kemuliaan, JI SIOK TENG HWEE UI SU LI CI SIN KI SENG AY THAM KIU ENG KUI ).

Angka 8 mewakili It Bok ( kayu daru It Bok yang negatif – Lever ) yang menjadi sifat dari kemauan hebatnya, temaha akan kekayaan dan kesombongan, TEE PAT SIOK IT BOK, UI KHI CIT CI SENG, KI SENG AY THAM KIU HU HOO ). Angka 4 mewakili Sin Kim ( Logam dari Sin yang negatif – paru-paru ) tebeatnya tak berbudi dan wataknya temaha akan makan enak dan miniman yang memabokkan, TEE SU SIOK SIN KIM, UI BU CENG CI SENG, KI SENG AY THAM KIU CIU JIOK ).

Angka 10 mewakili Ki thou ( tanah dari Ki yang negatif – kantong nasi ) ada menjadi pengemudi dari egoisme, wataknya temaha akan kecongkakan dan keangkuhan, TEE SIAP SIOK KI THOU, UI SU I CI SIN, KI SENG AY THAM KIU KOO TAY ).

Kelima sifat buruk yang tersebut diatas adalah menjadi lima syatan dari Hou Thian, yang bekerja untuk menghamburkan 5 elemen di dalam badan setiap manusia. CHU UI HOU THIAN CI NGO MOU, I SIAO SIN TIONG CI NGO HENG YA ).

Ke 1, mereka yang temahakan kesenangan seksual telah mengobral mani, sudah tentu air kehidupan terbuang Cuma-Cuma ( THAM IH I SIANG CENG CEK SUI KHUI ).

Ke 2, mereka yang temaha harta telah menggangu watak asal jadi merugikan hidupnya kayu ( THAM CAY I SIANG SENG CEK BOK KHUI YA ). Ke 3, mereka yang temaha kemuliaan telah mengganggu Atman karenanya merugikan hidupnya api ( THAM KUI I SIANG SIN CEK HWEE KHUI YA ). Ke 4, mereka yang temaha senang membunuh ( artinya banyak mengorbankan jiwa binatang hanya untuk kesenangan lidah 0 telah merusaki perasaan yang mana merugikan sucinya Logam ( THAM SAT I SIANG CENG CEK KIM KHUI YA ). Ke 5, mereka yang temaha senang menang-menangan telah melukai Khi ( nafsu kemauan ) yang mana merusakan kesempurnaan bumi ( THAM SIN I SIANG KHI CEK THOU KHUI YA ). Kelima elemen termaksud jikalau sekali kena dirugikan, bagaimana badan wadagnya dapat hidup sebaik-baiknya ? ( NGO HENG IT KHUI KI SIN YAN KHOO LIP HO ). Mana dianjurkan pada sekalian peminat baik pria maupun wanita jangan sekali-kali terperosok kedalam barisan lima syatan itu. HONG KHOAN THIAN HE LAM LI CHIAT BOU CIN CHU NGO MOU CI TIN ), SIAN THIAN I HOU THIAN JI HOAN SIAN THIAN ) Jalan untuk mengembalikan itu runtunannya sebagai berikut : Guratan Yang ditengah dari pada Kham kembali mengambil kedudukannya kedalam guratan tengah dari pada Li dengan demikian Li pulih menjadi Khian lagi. Gunakan tengah Im dari pada Li kembali mengambil kedudukannya ditengah-tengah Kham dengan demikian kham pulih menjadi Khun lagi. Guratan atas Im dari cin mengambil kembali kedudukannya dibagian bawah dari Twee dengan demikian Twee pulih kembali menjadi Kham lagi. Guratan bawah Yang dari pada Twee mengambil kembali kedudukannya guratan atas dari pada Cin dengan demikian Cin pulih kembali menjadi Li lagi. Guratan atas dan tengah kedua Yang dari pada Khian mengambil kembali kedudukannya bagian atas dan tengah dari pada Khun dengan demikian Khun pulih kembali menjadi sun lagi. Guratan tengah dan bawah kedua im dari pada Khun mengambil kembali kedudukannya dibagian tengah dan bawah dari Khian dengan demikian Khian pulih kembali menjadi Gin lagi.

Guratan atas Yang dan bawah Im dari pada Gin mengambil kembali kedududukannya bagian atas dan bawah dari sun dengan demikian Sun pulih kembali menjadi Twee lagi. 

Guratan atas Yang dan bawah Im dari pada Sun  mengambil kembali kedudukannya bagian atas dan bawah dari Gin dengan demikian Gin pulih kembali menjadi Cin lagi.

Cabutan dan pengembalian guratan-guratan pada kedudukan setiap guratan Kua Yao ini, adalah pemulian dari Hou Thian Pat Kwa menuju ke kedudukan Sian Thian Pat Kwa. Jikalau orang dapat meloloskan diri dari jaringannya kelima syaitan atau lima penggoda ( Ngo Mou ) teristimewa dapat menaklukkan lima penggoda dan diubah jadi lima pokok jalan menunggal ( NGO MOU HOA UI NGO GOAN ), serta dari Liok si kembali pada Hoo Tou ( Lok Si Hoan Ui Hoo Tou ) dapatlah membanggakan dirinya sebagai seorang istimewa, didalam dunia ini.