BAB 20 慎 惱 HOAN NAO
CEMAS, GELISAH DAN KEKERUHAN MATI
Huruf Hoan artinya Tidak Tenteram atau Kekeruhan hati dan huruf Nao artinya Jengkel atau Uring-uringan. Kedua huruf tersebut apabila dirangkaikan menjadi satu suku kata berarti : Cemas Gelisah dan Kekeruhan Hati.
Penghidupan manusia ada dibawah kekuasaan sang hati, karena hati ini ada menjadi Sarang Perasaan, dan perasaan ini bekerja untuk : menimbang, merasakan, dan menuju kepada perikeadilan.
Kecuali yang tersebut diatas, segala alat yang dimiliki atas badan kita misalnya : mata, telinga, lidah, hidung, pikiran dan angan-angan, akan tidak bekerja sempurna apa bila tidak dapat pengesahan hati.
Demikian pun kecantikan, suara merdu, bauan harum, rasa enak, persentuhan dan cara membawa diri, yang didalam pelajaran disebut Liok Ciam ( enam keburukan ), punsang hati yng pegang peranan sehingga alat dapat mengerti dan / atau mengenal sesuatunya.
Selanjutnya mengenai kejengkelan, kebencian, kemarahan, kemenyesalan yang lazimnya dinamakan Liok Hoan ( enam kekeruhan ) yang mana menunjukkan bergolaknya sang Hati yang kurang senang.
Maka jelasnya sudah bahwa hati ini adalah microcomos, penguasa atas segala sesuatu dalam penghidupan manusia seumumnya.
PENJELASAN :
即生貪求。即是慎惱。慎惱妄想。憂苦身心。
KI SENG THAM KIU, CEK SENG HOAN NAO, HOAN NAO BONG SIANG, YU KHO SIN SIM
TERJEMAHAN :
Setelah timbul keserakahan, tentu timbullah kegelisahan-kegelisahan dan melamun, menyusahkan dan menjengkelkan pikiran dan badan.
PENJELASAN :
Akibat dari tumbuhnya keserakahan, sudah tentu timbullah kekeruhan hati dan kejengkelan, apa bila soalnya sudh menjadi meluas dan kusut, maka dengan sendirinya pikiran menjadi bingung dan melamun kejurusan yang bukan-bukan, dari sebab itu kesukaran, dan kesusahan bertimbul menguruk diri. Kenapa manusia didunia tak dapat mengelakkan kesengsaraan ? dari sebab pada umumnya manusia ini terikat akan kenamaan, keuntungan, kebaikan budi, kecintaan arak, kecantikan, harta benda dan kesombongan.
IM SEE JIN PUT LENG KHAN PHO BENG LI IN AY CIU SEK CAY KHI ), oleh karena itu jika enam gangguan ( Liok Tin ) bergerak lalu menjadi enam bangsat ( Liok Cek ) dan enam bangsat ini selalu mengganggu perasaan dan kemudian membikin keruh hati.
SO I CEK PI LIOK TIN LIOK CEK CI SO CIAM YA ).
Siapa yang ternama akan kementerengan dan kemuliaan, manakala maksudnya belum tercapai tentu timbul kegelisahan, akan tetapi setelah tercapai pun nanti dari kementerengan dan kemuliaan itu datanglah kegelisahan. THAM KIU ENG KUI CIA, PUT TEK ENG KUI JI SENG HOAN NAO, KI TEK ENG KUI YU CIONG ENG KUI TIONG SENG JUT HI TOO HOAN NAO YA ). Dari itu yang paling baik hendaknya jangan memandang keliwat berat akan nama, sebaliknya dengan tyulus ikhlas berusaha mempelajari Tao yang besar, manakala nanti setelah berhasil dengan sendirinya nama tersiar dikolong langit untuk selama-lamanya, bukankah sangat mulia.
PUT JI KHAN PHOO BENG JI SENG SIM SIU TOO. TOO SENG CI JIT, BENG YANG THIAN HE, I SENG BAN KO CI BENG YA, HO TENG KUI CAY ?
Dalam kitab Too Tek Keng ada termaktub kalimat yang berbunyi : Walaupun mempunyai mustika yang sebesar bogem atau mempunyai kuda balap yang istimewa bagusnya, ada lebih beruntung dapat kemajuan dalam Too yang besar.
TOO TEK KENG WAT : SWI YU KIONG PHIK I SIAN SU MA, PUT JI COO CIN CHU TOO ), Nabi Khong Hu Cu bersabda : kaya raya dan kemuliaan ada menjadi kesukaan setiap manusia, akan tetapi jika didapatnya tanpa kebenaran tidak akan dipertahankannya. CI SENG WAT : HU I KUI SI JIN CI SO YOK YA, PUT I KI TOO TEK CI, PUT CHI YA ).
Mereka yang temaha akan harta dan keuntungan, apabila tak tercapai maksud keinginannya tentu timbul kegelisahan, namun setelah tercapai kemudian tentu dari sebab harta dan keuntungan itu timbul banyak kecemasan. THAM KIU CAY LI CIA, PUT TEK CAY LI JI SENG HOAN NAO, KI TEK CAY LI YU CIONG CAY LI TIONG SENG CHUT HI TOO HOAN NAO YA ), maka alangkah baiknya jika dapat memandang remah akan keuntungan, sebaliknya berusaha dengan sungguh-sungguh memahamkan Too ayng besar, agar Ceng, Khi Sin yang berupa 3 mustika didalam badan, berupakan harta Dharma yang kekal, dengan harta itu dapat untuk membeli jiwa yang menjadikan orang umur panjang, kekayaan semacam ini kegelisahan apa yang bakal timbul ? PUT JI KHAN PHO LI JI, SENG SIM SIU TOO, JI SIN TIONG CI CENG KHI SIN SAM POO, NAY UI HOAT CAY, LENG MAY SENG BENG, EK SIU YAN LIAN, HO YU HOAN NAO CI SENG YA ).
Nabi Khong Hu Cu bersabda : HU KUI I NGO JI HU IN.
Kaya mulia bagiku laksana awan mengambang diangkasa ), dalam kitab Tiong yong ada termaktub satu kalimat yang berbunyi : SOU PIN CIAN HENG HOU PIN CIAN.
Jikalau toh dirinya miskin dan hina, berbuatlah setulusnya penghidupan miskin dan hina ), beng Cu berkata : PIN CIAN PUT LENG I. kemelaratan tak dapat mengubah keteguhan hati ), selanjutnya berkata pula : KUN CU YU TOO PUT YU PIN.
Seorang kuncu merasa sedih jika tak dapat menyadari Too, tetapi tak merasa susah karena kemiskinan ).
Mereka yang serakah akan kecantikan apabila tidak tercapai maksud keinginannya tentu gelisah.
THAM KIU BI SEK CIA, PUT TEK BI SEK JI SENG HOAN NAO ), namun setelah tercapai maksudnya nanti pun karena rindu kecantikan lalu menimbulkan ikatan yang berupa kecintaan maka akibatnya akan tumbuh banyak sekali kegelisahan.
TEK BI SEK PIT YU IN AY, YU CIONG IN AY TIONG SENG CHUT HI TOO HOAN NAO, YA ). Maka alangkah baiknya jika bisa meremehkan keelokkan dan dengan tulus ikhlas berusaha memahirkan Too sehingga ENG JI THEK LI.
Jiwa sejati atau golek kencana ) setiap hari berkecimpungan ditengah-tengah sanubari betapa rapat kecintaan ini ?
PUT JI KHAAN PHO SEK JI, SENG SIM SIU TOO, CU KI SIN TIONG HIAN YU ENG JI THEK LI, HWEE JIT SIANG KIN SIANG CHIN ), KHAM dan LI saling bersentuh, KIM dan BOK saling berdekatan. KHAM LI SIANG KAO KIM BOK SIANG PENG ), waktu itu betapa senangnya sukar dilahirkan dalam kata-kata.
Manakala Too yang besar berhasil diperoleh, hidup berdampingan dengan para bidadari, betapa agung kehormatan yang didapat dewasa ini ? I JIT TOO SENG, SIAN LI TONG TIU, HOO TENG CUN TIONG ?
Nabi Khong Hu Cu bersabda : Angen-angen dan keinginan belum tetap, harus berhati-hati akan kecantikan. HIAT KHI BI TENG, KAY CI CAY SEK ). DEWA Lu Tong Pin telah membuat sajak sebagai peringatan yang berbunyi : Wanita Sweet Seventeen yang elok dan lemah lembut laksana sutra.
Dipinggang menggantung pedang siap memenggal kepala kaum pria.
Walaupun tak terlihat jatuhnya kepala, namun diam-diam telah mengeringkan darah dan sumsum kita. JI PAT KE JIN THEE SI SOU, YO KAN TIANG KIAM CAM GI HU SWI JIAN PIT KIAN JIN THAO LOK, AM TEE KAO KUN KUT CHUI KO ).
Mengenai keangkuhan dari sebab kurang tahan sabar dan tak bisa berlaku rendah hati, dari soal yang bukan-bukan sudah cukup untuk menimbulkan pertikaian yang menggelisahkan. CI I TAO KHI, NAY SI PUT JIM, CIONG SI HUI TIONG SENG CHUT HI TOO HOAN NAO YA ), maka dari sebab itu alangkah baiknya jika dapat menyadari akan buruknya keangkuhan itu, dan dengan tulus ikhlas berusaha memahamkan Too yang besar. PUT JI KHAN PHOO KHI JI SENG SIM SIU TOO ), guna merawat 3 kembang dan 5 hawa yang ada didalam badan setiap orang.
JI YANG SIN TIONG SAM HOA NGO KHI ), untuk memperbaik hawa kekuatan gaib serta menyempurnakan hawa pokok yang halus getarannya agar menjadi beku dan berupa pil emas.
HO CIAN KONG KHI, THAY HOO GOAN KHI, KIAT SENG KIM TAN ), sekalipun kegelisahan itu senantiasa mengganggu namun akhirnya akan musna dengan sendirinya.
Nabi Khong Hu Cu bersabda : Apabila nafsu keinginan masih sedang kerasnya, harus berhati-hati dalam soal berkelahi . HIAT KHI HONG KONG, KAY CI CAY TAO ), selanjutnya bersabda pula : Jagalah angen-angen sekuat-kuatnya jangan mengumbar nafsu angkara TI KI CI, BU PAO KI KHI ), dalam segala sesuatu yang tak mencocoki hati dan dapat menimbulkan kegelisahan, apabila dihadapi dengan pasif dan non aktif, untuk membikin sang hati seolah-olah kosong, sudah tentu terbebas dari pada kegelisahan yang walaupun setiap detik siap menggodanya.