生 死SENG – SU

Qing Jing Jing

Silahkan Login Untuk Membaca Detail

BAB 21 生 SENG – SU

 

HIDUP dan MATI

 

Huruf Seng artinya Hidup, Menjelma dan Asing.

Huruf Su artinya mati atau Musna.

Kedua huruf tersebut, tak dapat dirangkaikan menjadi satu suku kata, melainkan masing-masing tetap berdiri sendiri yang berarti Hidup dan Mati.

Dalam pelajaran Tao mengenai Hidup dilambangkan dengan gambar yang didapat oleh Kaisar Hok Hi yang disebut HOO TOUW sebaliknya mengenai soal Mati ada dilambangkan dengan gambar yang ditemukan oleh Kaisar I tatkala membrantas banjir yang dinamakan LOK SI.

PELAJARAN :

便遭燭辱。流浪生死。常沉苦海。永失真道。

PIAN COO JIOK JIOK, LIU LONG SENG SU, SIANG TIM KHO HAY, ENG SIT CIN TOO. 

TERJEMAHAN :

Lalu karena kotoran dan hinaan, hanyut dan terapung-apungluntang lantung tak mempunyai tujuan diantara hidup dan mati, oleh karenanya tenggelam didalam lautan kesengsaraan, selama-lamanya kehilangan Too yang sejati.

Manusia hidup dalam dunia ini dari sebab kena pengaruhnya kelemahan yang tak kenal batas, dan soal-soal : kenamaan, keuntungan, kebudian, kecintaan, keempat soal ini yang menjadikan benih untuk membawa pikiran dan perasaan menggelisah, misalnya bermacam-macam kedukaan dan kesedihan laksana arus lautan yang susul menyusul sehingga menyeret orang kelelap kedasarnya, oleh karenanya berlepotan kotoran dan hinaan dari lima macam kemesuman. ( JIN SENG CAY SI THAM SIM PUT LIAO, BENG LI IN AY CI TIONG, PIAN SI HOAN NAO YU CHIU, CIONG CIONG PHOO THOO, TAN SIT HAM CHU, PIT SIU NGO CIOK CI CIOK YA )

Hanyut dan terapung-apung sehingga tak mengerti apakah artinya hidup dan mati itu, seumpama jatuh dibawah pengaruh arak, kecantikan, harta benda dan kesombongan. Sehingga tenggelam timbul didalam gelombang penderitaan, yang tak akan tahu hidup ini berasal dari mana dan mati itu hilang kemana. ( JIN SENG CAY SEE, BI I CIU SEK CAY KHI, PUT TI SENG CIONG HOO LAY, SU ONG HOO KHI ).

Bahwa manusia lahir sebagai dewa atau manusia biasa adalah berdasar jalannya HOO TOUW. ( HU SENG SIAN SENG JIN CI TOO HOO TOUW JI I ), pada semula manusia ini berdasar hawa tunggal dari bapak dan ibu yang beku laksana sebuah mutiara yang berkilau-kilau, yang mana disebut BU KEK, ( JIN SENG CI CHE PENG HU BOO CI GOAN KHI, JI KIAT IT KHOO BENG CU, BENG WAT BU KEK ), setelah tersiram benih dan darah sang bapakdan ibu, lalu berubah sifat dan dapat nama Thay Kek ( TEK HU BOO CI CENG HIAT BENG WAT THAY KEK ). Bekerjanya Thay Kek membentuk raga runtunannya sebagai berikut : THIAN IT melahirkan JIM CUI THIAN IT SENG JIM CUI jelasnya : sifat positif dari Sian Thian pertama bekerja untuk membentuk satu batang urat yang menggandeng kedua geginjalsehingga berupa palang ). Diatas Melahirkankan benih lenza mata sebelah kiri, dibawah Melahirkankan kantong kencing, ( CAY SIANG SENG COO GAN TONG JIN, CAY HE SENG PONG KONG ) : TEE JI lahirkan TENG HWEE TEE JI SENG TEE HWEE jelasnya : sifat negatif dari Sian Thian membentuk api ), diatas Melahirkankan ujung mata sebelah kanan, dibawah Melahirkankan hati – yang mempunyai perasaan, pertimbangan adil dan pikiran halus. ( CAY SIANG SENG YU GAN KOK, CAY HE JI SENG SIM ) :  Thian Sam melahirkan Ka’ Bok THIAN SAM SENG KA’ BOK – jelasnya : sifat positif dari Sian Thian membentuk kayu ), diatas Melahirkankan biji hitam mata, dibawah melahirkan empedu. ( CAY SIANG SENG COO GAN HEK CU, CAY HE JI SENG TAN ) : Tee Su melahirkan Sin Kim jelasnya : sifat negatif dari Sian Thian membentuk logam murni ), diatas Melahirkankan biji putih mata kanan, dibawah Melahirkankan paru-paru ( CAY SIANG SENG YU GAN PEK CU, CAY HE JI SENG HI ) : Thian Ngo melahirkan Mo Thou THIAN NGO SENG MO THOU jelasnya : sifat positif dari Sian Thian membentuk bumi ( tanah ), diatas Melahirkankan kulit penutup mata sebelah kiri, dibawah Melahirkankan kantong nasi. ( CAY SIANG SENG COO GAN GAN BWEE, CAY HE JI SENG WI ). Tee liok melahirkan kui Cui – TEE LIOK JI SENG KUI CUI jelasnya : sifat negatif dari Sian Thian membuat kain kotor ), diatas Melahirkankan lenza mata sebelah kanan, dibawah Melahirkankan anak ginjal. ( CAY SIANG SENG YU GAN TONG JIN, CAY HE JI SENG SIN ) : Tee Chit menjadikan Pia Hwee – THEE CHI SENG PIA HWEE jelasnya : sifat positif dari Sian Thian Melahirkankan api ), diatas Melahirkankan ujung mata sebelah kiri, dibawah Melahirkankan usus kecil. ( CAY SIANG SENG COO GAN KAK, CAY HE SENG SIAO THIANG. Tee Pat menjadikan It Bok – TEE PAT SENG IT BOK jelasnya :sifat negatif dari Sian Thian menjadikan kayu atau pohon ), diatas Melahirkankan hitam mata yang kanan, dibawah Melahirkankan lever. ( CAY SIANG SENG YU GAN HEK CU, CAY HE JI SENG KAN ). Thian Kiu menjadikan Ke Kim – THIAN KIU SENG KE KIM jelasnya : sifat positif dari Sian Thian menjadikan logam murni ) diatas menjadikan biji mata sebelah kiri, dibawah Melahirkankan usus besar. ( CAY SIANG SENG COO GAN PEK CU CAY HE SENG TAY THIANG ) : Tee sip menjadikan Ki Thou

TEE SIP SENG KI THOU jelasnya : sifat negatif dari Sian Thian membentuk bumi yang negatif ), diatas Melahirkankan kulit penutup mata sebelah kanan, dibawah Melahirkankan limpa. ( CAY SIANG SENG YU GAN BWEE, CAY HE JI SENG PI ) : dengan demikian 5 anggota dan 6 benda didalam badan dan selanjutnya 365 tulang buku-buku, 84.000 lubang roma, kesemuanya tidak lain dari karena pengaruh Hoo Touw. YU CU JI NGO CONG, YU CHU JI LIOK HU, I CI CIU SIN SAM PEK LIOK SIP NGO KUI CIAT, PAT BAN SU CHIAN HOO MOU KONG KHIAO, BOK PUT YU HOO TOUW JI SENG CIA YA melahirkan semacam ini tak dibedakan lahir Dewa atau manusia biasa.

Mengenai soal kematian sebagaimana diatas telah ditegaskan dibawah pengaruh Lionk Si – JIN CI SU YU LOK SI JI I I ) yang mana ada dari Hoo Touw yang bersifat Sian Thian berubah menjadi Lok Si yang bersifat Hou Thian. CIONG SIAN THIAN CI HOO THOUW, I PIAN HOO THIAN CI LOK SI ), yang runtunannya ada sebagai berikut : sifat bumi yang berkedudukan di tengah-tengah menindas air yang ada diutara. Buah pinggang menjadi lelah oleh karenanya. LOK SI TIONG YANG THOU, KHI KHEK PAK HONG CUI, CEK SIN KHUI I ).

Air yang berkedudukan di utara menindas api yang ada diselatan, maka Hati menjadi lelah oleh kerenanya. PAK HONG CUI KHI KHEK LAM HONG HWEE, CEK SIM KHUI I ). Api yang berkedudukan diselatan menindas logam yang ada disebelah barat, maka paru-paru menjadi lelah oleh karenanya. LAM HONG HWEE KHI KHEK SAY HONG KIM, CEK HI KHUI I ). Logam yang berkedudukan dibarat menindas kayu yang disebelah Timur maka Lever menjadi lelah oleh karenanya. LAY HONG KIM KHI KHEK TONG HONG BOK, CEK KAN KHUI I ). 

Kayu yang berkedudukan ditimur menindas bumi yang ada ditengah-tengah, maka Limpa menjadi lelah oleh karenanya. TONG HONG BOK KHI KHEK TIONG YANG THOU, CEK PI KHUI I ).

Kelelahan yang ditimbulkan dari 5 anggota ( Ngo Cong ) itu sudah tentu menjalar kepada 6 benda ( Liok Hu ) dan menyebabkan segala alat-alat yang ada didalam badan ketularan sehingga mendatangkan kelemahan seluruhnya. NGO CONG IT KHUI, I CI LIOK HU PEK THE KI KAY SWEE I ). Jikalau demikian, dapatkah mengindarkan kematian ? PUT SU YU HOO TAY CAY ? ini mati itu hidup, berjalan terus laksana gelombang yang susul menyusul tak ada sudahnya. Sesuai dengan kata-kata diatas yang berbunyi : hanyut terapung-apung tak mengerti apakah artinya hidup dan mati.

Selanjutnya karena mengumbar nafsu minum arak, memburu kecantikan, mgotot menimbun kekayaan dan memperbesar kesombongan, keempat sifat ini dapat diumpamakan 4 lautan sengsara, jika tak dapat membuangnya dapatkah tidak tenggelam didalam lautan penderitaan? CIU SEK CAY KHI, JI SU TAY KHO HAY CIAK PUT SIAO TI, YAN LENG PUT TIM KHO HAY CAY ?.

Oleh karena rindu dan tersem-sem akan 4 soal diatas, sehingga dirinya tak dapat dilindungi, apakah Tao yang sejati tak terlepas hilang untuk selama-lamanya ? IM BI BWEE SU JI, LIAN JIN SIN LAM POO, KHI PUT SIT CIN TOO YA CAY ? sesungguhnya sayang sekali.